Halaman

Selasa, 03 Juli 2012

Pengertian dakwah menurut para ahli


Tugas mandiri di susun oleh:
            Muhammad Haris
       Jurusan pengembangan masyarakat islam
            Semester III
 

Dakwah
Pengertian Dakwah Secara Terminologi

1.Menurut Syeh Muhammad Khadir Husain dalam bukunya al-Dakwah ila’al islah, dia menyatakan Dakwah adalah Upaya untuk memotipasi orang lain agar berbuat baik dan mengikuti jalan petunjuk(agama) dan melakukan amal ma’aruf nahi mungkar dengan tujuan mendapat kan kesejahteraan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

2.Menurut Syeh Muhammad al- ghazali dalam bukunya “Ma allah”dia menuturkan Dakwah  adalah Program pelengkap yang meliputi semua ilmu pengetahuan yang di butuhkan manusia untuk memperjelas ,tujuan hidup serta menyingkap rambu-rambu kehidupan kehidupan agar mereka menjadi orang yang mengetahui mana yang boleh di jalan kan dan mana yang tidak boleh di jalankan.

3.Menurut Syeh Adam Abdullah dalam bukunya “Tarikh addakwah baina al amsi wa alyoum” dia menyatakan Dakwah adalah Mengalihkan perhatian  dan fikiran manusia kepada akidah yang bermamfaat dan hal yang ber mamfaat.

4.HSM.Nasarudin Latif dia menyatakan Dakwah adalah setiap usaha aktifitas dengantulisan maupun tulisan  yang Bersipaat menyeru,mengajak,mengundang  dan memangil manusia lain untuk beriman dan mentaati allah swt sesuai dengan garis-garis akidah ,syariat dan akhlak islamiah.





5.Ustad Muhammad Khair Rahman dalam bukunya” ad dakwah al islamiah” dia menyatakan Dakwah adalah Seruan untuk menyelamatkan manusia yang hamper celaka karma maksiat.

6.Masdar Helmy menyatakan Dakwah adalah Mengajak dan mengajarkan manusi agar taat kepada allah(islam) dan mengerjakan amal ma’aruf nahi mungkar untuk bias memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat.

7.Menurut Aboebakar Atjeh dalam bukunya “beberapa catatan mengenai dakwah islam “dia menuturkan Dakwah adalah Seruan kepada seluruh umat manusia untuk kembali pada ajaran hidup sepanjang ajaran allah yang benar.

8.Menurut Toha Yahya Oemai dia mengungkapkan Dakkwah adalah Mengajak manusia kejalan yang benar dengan bijak kejalan yang benar sesuai deengan perintah tuhan untuk kemasalahatan dan kebahsgiaan dunia dan akhit.

9.Menurut M.Tata Taufik dalam jurnalnya dia menyatakan Dakwah adalah Menyampaikan kepada manusia tentang ajaran islam tampa paksaan tetapi dari suatu kesadaran.

10.Menurut Quarai Sihab dia mendepenisikan pengertian Dakwah adalah Sebagai seruan atau ajakan kepada keinsyafan atau usaha mengubah sesuatu  yanag tidak baik kepada sesuatu yang lebih baik terhadap pribadi maupun masyarakat. 
     




3 komentar:

  1. terima kasih, saya merasa terbantuk. :)
    silahkan mampir jg ke blog saya, dan mungkin kita bisa bertukar link untuk kerjasamanya :)

    BalasHapus
  2. saya ingin bertanya min kenapa dakwah menurut para ahli ber-beda-beda min?

    BalasHapus